Terasi dan Belacan
Terasi dan Belacan

batampos.co.id – Blacan alias terasi sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun banyak yang menyepelehkan makanan satu ini karena baunya menyengat. Meskipun rasanya dahsyat.

Tapi perlu diketahui bahwa belacan ini ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti dilansir singapuraterkini.com, blacan mengandung probiotik, yaitu mikro organisme hidup yang memberi kebaikan bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup.

Namun, masih ada orang tua kurang peka tentang kepentingan probiotik kepada pertumbuhan anak mereka. Tidak kurang ada yang masih bingung tentang probiotik dan prebiotik.

Konsultan Pediatric Kardiologi Rumah Sakit Pantai Kuala Lumpur (PHKL), Dr Azam Mohd Nor, mengatakan probiotik adalah bakteri hidup yang menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah cukup.

“Contoh makanan kaya probiotik adalah yoghurt (yoghurt), minuman susu kultur, makanan fermentasi seperti budu, cencalok serta belacan yang membantu mencegah kanker usus,” ujarnya.

“Prebiotik pula adalah makanan bagi bakteri baik. Ia tersedia dalam makanan yang tinggi kandungan serat seperti pisang, bawang putih, bawang, bawang merah, asparagus dan sereal penuh mil,” katanya ketika ditemui di bengkel Healthy Happy Little Walkers Workshop di Kizsport & Gym, Bangsar Village, anjuran Yakult baru-baru ini.

Menurutnya, di antara fungsi probiotik adalah mencegah perkembangbiakan bakteri yang tidak baik, membantu sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi dan pada saat sama memproduksi vitamin, seperti vitamin B-12.

Segelintir orang tua kurang mengerti tentang kebaikan probiotik dan prebiotik sampai ada yang masih ‘takut’ untuk memberi minuman atau makanan yang memiliki sumber ini.

“Faktanya penelitian menunjukkan probiotik sangat baik untuk mengurangi masalah alergi karena meningkatkan dan menstabilkan sistem kekebalan tubuh,” katanya.

Bagi ibu yang menyusui anak, sebenarnya mereka memasok makanan kepada probiotik dengan kandungan prebiotik yang tinggi di dalam susu ibu. Prebiotik pula adalah makanan untuk bakteri probiotik ini.

Probiotik juga berperan mendukung sistem pertahanan usus dengan menjaga kesehatan sel usus. Ia juga melindungi dari efek berbahaya oleh organisme menular yang memasuki usus di samping membantu mengurangi efek racun berbahaya dan bahan yang dapat menyebabkan kanker, kemungkinan diproduksi di dalam usus.

Justru, sumber terbaik untuk kesehatan usus adalah dengan konsumsi sumber probiotik, mikroorganisme hidup dan bermanfaat ketika diambil dalam jumlah yang memadai.

Ia membantu dalam perkembangan sistem imun dengan meningkatkan populasi bakteri baik di dalam usus untuk menghindari penyakit berbahaya di dalam perut.

Penelitian menunjukkan probiotik kemungkinan mendatangkan manfaat membantu mencegah dan mengobati diare atau alergi ketika 1.500 hari pertama anak Anda.

Di antara jenis probiotik yang dapat membantu anak-anak melawan bakteri yang tidak baik di dalam usus mereka adalah bifidobacteri.

Probiotik membantu memulihkan kesehatan sistem pencernaan dengan:

– Membantu tubuh Anda mencerna makanan dan menyerap nutrisi
– Menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda
– Melindunginya dari infeksi organisme dan penyerang lain
– Mengurangi racun yang membawa mudarat dan bahan penyebab kanker
– Membantu pertumbuhan sel perut dan memastikan ia terus sehat
– Meningkatkan jumlah sel darah yang sehat untuk melindungi tubuh dari penyakit
– Membantu menjaga keseimbangan bakteri yang sehat dengan menjaga bakteri baik pada tingkat tinggi
– Membantu melawaskan perut
– Membantu memperbaiki toleransi pada susu
– Membantu menguatkan sistem imun
– Membantu mengganti bakteri baik setelah mengonsumsi antibiotik
– Membantu pencernaan. (hidayatul akmal ahmad/mymetro/singapuraterkini/nur)

Komentar Pembaca

komentar