batampos.co.id – Jangan anggap remeh alergi pada anak, khususnya pada balita. Sebab kondisi ini dapat mengganggu tumbuh kembang si kecil. Jika alergi ini terus berlanjut, sangat disarankan segera konsultasi ke dokter.

Dokter spesialis anak RS Awal Bros (RSAB) Batam, dr Dewi Meta, SpA, M.Kes, mengatakan alergi pada anak ditandai dengan beberapa gejala. Seperti merah pada pipi, batuk berdahak, atau perilaku anak yang suka mengusap hidung secara terus menerus.

“Gejala ini biasa terjadi pada rhintis allergy,” kata dr Dewi dalam seminar parenting di RSAB Batam, Sabtu (19/12) lalu.

Dewi menegaskan, alergi pada anak umumnya merupakan faktor genetik atau bawaan dari orang tua. Namun alergi bukanlah penyakit. Sehingga seiring bertambahnya usia, alergi itu akan hilang dengan sendirinya.

Meski begitu, Dewi sangat menganjurkan para orang tua yang anaknya mengalami alergi segera melakukan pencegahan sedini mungkin. Sehingga tumbuh kembang si anak bisa optimal.

“Terutama pada masa emas usia anak, yakni 1.000 hari pertama dihitung sejak masa pembuahan,” katanya.

Selain konsultasi dengan dokter, Dewi menganjurkan supaya anak dengan alergi mengkonsumsi produk yang mengandung bahan tertentu yang dapat mengurangi risiko alergi. Misalnya produk susu formula.

Selain susu, asupan gizi dan nutrisi anak juga harus diperbanyak dari sumber makanan lain. Misalnya buah, sayur, daging, dan makanan kaya protein lainnya.

“Sebab membentuk kualitas anak itu tak bisa instant. Perlu asupan nutrisi yang pas,” katanya.

Sementara Humas RSAB Batam, Chintya Latuma, mengatakan seminar hasil kerjasama dengan PT Kalbe itu merupakan rangkaian peringatan Hari Ibu 2015 yang jatuh pada 22 Desember ini. Selain seminar parenting, RSAB Batam juga memberikan beberapa layanan spesial bagi para pasien perempuan, khusus di Hari Ibu ini.

“Biasanya kami memberikan souvenir kepada pasien perempuan atau memberikan diskon khusus bagi para ibu,” kata Chintya. (par)

Komentar Pembaca

komentar