batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan membangun terminal dua pada tahun 2018 mendatang. Pembangunan ini dilakukan karena terjadinya peningkatan jumlah pengguna bandara setiap tahunnya.

Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, pembangunan jangka lama ini sudah jauh hari dirancang. Rencananya, terminal dua tersebut akan bertempat di sisi kanan bandara atau tepatnya di terminal kargo saat ini.

“Untuk terminal kargo sendiri akan dipindah ke sisi kanan bandara,” ujar Suwarso.

Ia menjelaskan, khusus untuk pembangunan jangka panjang terminal dua tersebut akan menelan anggara sebesar Rp 2 triliun. Sementara untuk pembangunan tahun 2016 ini, atau jangka pendek, pihaknya tengah mengerjakan perluasan fasilitas seperti ruang tunggu.

“Rencananya ruang tunggu akan diperluas dan memberikan kenyamanan kepada penumpang,” tutur Suwarso.

Suwarso menambahkan, pada tahun ini pihaknya juga fokus pembangunan apron atau tempat parkir pesawat seluas 250×150 meter. Ditambah perluasan lahan parkir dan jalur masuk bandara menjadi empat jalur.

“Untuk pengerjaan jangka pendek ini sudah mulai dikerjakan,” terangnya.

Menurutnya, jumlah peningkatan pengguna bandara sangat signifikan. Dimana pada tahun 2015, jumlah penumpang mencapai 5 juta jiwa. Sedangkan, ditahun 2014, jumlah penumpang 4,1 juta jiwa dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan perhari.

“Jadi untuk menunggu pembangunan terminal dua, kapasitas  penumpang terminal saat ini akan dimaksimalkan,” paparnya. (opi)

Komentar Pembaca

komentar