drg Chandra Rizal
drg Chandra Rizal

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dineks) Kota Batam menganggarkan sekitar Rp 8 miliar untuk membeli obat-obatan yang akan didistribusikan ke seluruh Puskesmas dan Puskesmas Pembantu. Pengadaan obat-obatan tersebut untuk melayani sekitar 155 jenis penyakit.

”Untuk obat tahun ini mencapai Rp 8 miliar. Kita yakin pelayanan di puskesmas akan maksimal. Itu sudah cukuplah untuk obat-obatan pelayanan dasar,” kata Chandra Rizal, Kepala Dinkes Kota Batam, Jumat (8/12) lalu.

Chandra mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 17 Puskesmas di Batam dan 56 Puskemas Pembantu. Di mana obat ini akan dibagikan dengan disesuaikan kebutuhan masing-masing Puskesmas. Pengadaan obat ini juga didasarkan atas permintaan masing-masing Puskesmas.

”Jadi tidak semua obat-obatan di semua Puskesmas sama. Ini tergantung permintaan. Tetapi yang jelas ada 155 penyakit yang dicover sesuai dengan program Jaminan Kesehatan Nasional,” jelasnya.

Terkait tenaga medis, Chandra mengaku di setiap Puskesmas di Batam sudah memadai. Tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam sudah mengkontrak beberapa tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan apoteker.

”Dan yang dikontrak itu juga adalah yang memang berkompeten. Ini juga terus untuk mendukung kesehatan masyarakat Batam,” katanya.

Marlon Brando, anggota Komisi IV DPRD Kota Batam juga mengakui untuk anggaran tersebut sudah memadai dan mencukupi untuk pengadaan obat. Ia berharap semua petugas di Puskesmas bisa melayani dengan maksimal. Termasuk untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

”Kita berharap tidak ada lagi masyarakat, terutama masyarakat miskin yang tidak dilayani berobat di Puskesmas,” tegasnya.

Menurut Marlon, dengan semakin bertambahnya Puskesmas dan tenaga medis, maka pelayanan otomatis meningkat. Pelayanan Puskesmas yang sudah kategori rawat inap harus jalan selama 24 jam.

”Jadi jangan ada Puskesmas yang rawat inap itu, yang tutup tidak sesuai ketentuan. Atau jangan ada perawat atau dokter yang terlambat ke Puskesmas,” katanya. (ian)

Komentar Pembaca

komentar