foto: johannes saragih / batampos
foto: johannes saragih / batampos

batampos.co.id –¬†Coba hitung berapa banyak gerai¬†Ayam Penyet Ria di Batam ini? Oh, hampir di setiap mall ada. Dan bahkan bukan hanya di Batam. Melainkan juga sudah merambah kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia. Seperti Jakarta dan Medan.

Tak hanya itu. Restoran ‘Khas Ibu Ruth’ ini juga hadir di Malaysia, Singapura, hingga Melbourne, Australia. Masyarakat dunia menyebutnya dengan ‘smashing chicken’.

Kondisi inilah yang kemudian membuat manajemen Lovina Inn di Batam Centre menggandeng Ayam Penyet Ria sebagai penyedia menu anti lapar para tamunya. Mereka membuat satu ruang makan khusus tepat di samping lobi hotel.

Restoran ini memiliki dua pintu masuk. Pintu masuk yang berupa lorong saja dari lobi hotel. Dan pintu masuk yang terbuat dari kaca, yang menghubungkan restoran dengan area parkir.

“Restoran ini terbuka untuk umum. Sementara kelebihan untuk tamu hotel, kami dapat mengantar masakan di sini langsung ke kamarnya,” kata Bur-An, Asisten Manajer Lovina Inn.

Nah, meskipun mengusung nama yang sama, konsep yang dihadirkan outlet Lovina Inn Batam Centre ini berbeda dengan yang sudah-sudah. Para pengunjung tidak akan bertemu dengan lauk-pauk prasmanan.

Mereka akan disuguhi daftar menu oleh pramusaji. Beberapa menu andalan yang dapat dipesan di outlet ini, yakni ayam penyet, empal penyet, sayur asem, dan gado-gado. Sementara minuman pendampingnya adalah aneka jus.

Ayam penyet tetap disajikan dalam lepek khusus dari bahan kayu beralas kertas makan berwarna cokelat. Ayam penyet, tempe, tahu, dan lalapan berkumpul jadi satu di sana. Disertai juga dengan sambal terasi.

Sambalnya nampol! Memiliki rasa pedas yang menggugah selera makan. Hingga kemudian, susah berhenti makan sebelum lauk dan nasi benar-benar habis.

Daging ayamnya lembut. Mengunyahnya tidak membuat lelah. Hingga tak sadar, ayam tersebut sudah habis. Menyisakan tulang saja.

Satu lagi menu yang patut dicoba di sini adalah gado-gado. Menu salad ala Jawa ini memiliki porsi yang terbilang besar. Potongan lontong, kentang, timun, tauge, dan selada serta setengah butir telur berkumpul dalam satu piring. Baru kemudian disiram dengan kuah kacang yang melimpah.

Hmmmm… penampilannya ditutup dengan kerupuk udang dan emping melinjo. Melihatnya sudah membuat air liur mengalir. Ingin cepat-cepat mencicipi.

Rasa kuah kacangnya cenderung manis. Bagi mereka yang tidak menyukai rasa manis, Lovina Inn Batam Centre telah menyediakan sambal khusus gado-gado. Sambal ini bisa menyamarkan rasa manis pada kuah kacang.

“Gado-gado menjadi menu favorit di sini,” kata Bur-An.

Outlet Ayam Penyet Ria di Lovina Inn buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dengan pemesanan terakhir pukul 20.30 WIB. Namun, ayam penyet baru bisa dinikmati mulai pukul 11.00 WIB. Sebelumnya, Lovina Inn akan membuat menu sarapan bagi para tamunya.

Lovina Inn menyediakan lima belas meja di restoran tersebut. Masing-masing meja dilengkapi dengan empat buah kursi. Dan uniknya, Lovina Inn juga menyediakan lima meja khusus perokok di satu ruangan yang sama. Padahal, ruangan itu full AC.

“Tapi di atas meja-meja itu, kami sudah meletakkan eksos. Itu kipas angin untuk mensirkulasi asap rokok,” ujarnya.

Hotel yang memiliki tagline ‘Budget Class’ ini mengutamakan kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Ini tampak pada keseluruhan dinding yang sebagian besar adalah kaca. Nuansa terang nampak baik ketika siang maupun malam.

Memesan makanan tidak membutuhkan waktu yang lama. Para pramusaji siap melayani apa saja kebutuhan makan kita. Dan bukankah pelayanan yang cepat itu sangat dibutuhkan oleh perut-perut yang kelaparan?

Selamat mencoba dan selamat menikmati kebersihan dan pelayanan prima di Ayam Penyet Ria di Lovina Inn Batam Centre! ***

Komentar Pembaca

komentar