lampubatampos.co.id – Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pemkab Natuna Ilham Kauli mengatakan, mulai saat ini listrik di tiga kecamatan, yakni Midai, Serasan dan Kecamatan Bunguran Utara, murni sudah dioperasikan PLN.

“Mulai malam ini listrik di tiga kecamatan sudah dioperasikan PLN,” kata Ilham Kauli, dihubungi, Selasa (29/12).

Peralihan operasi pembangkit listrik di tiga kecamatan tersebut, kata Ilham, berdasarkan kesepakatan serah terima operasi pengelolaan listrik pembangkit diesel dan jaringan listrik beserta kelengkapan yang dibangun pemerintah daerah dibeberapa lokasi kepada PLN Area Tanjungpinang.

“Tadi penyerahan operasi sudah digelar bersama manajer PLN Area Tanjungpinang, kelistrikan di Kecamatan Midai, Serasan dan Kecamatan Bunguran Utara sudah tanggung jawan PLN,” ujarnya.

Sebelumnya, listrik di tiga kecamatan tersebut, masih disubsidi pemerintah daerah. Sedikitnya Rp 20 miliar lebih setiap tahun.

“Listrik tiga kecamatan itu sudah kembali normal beroperasi 14 jam. Mulai jam 17.00 WIB sampai jam 07.00 WIB. Setidaknya beban daerah anggaran sudah berkurang di tahun 2016,” sebut Ilham.

Setelah penyerahan operasi listrik di kecamatan ini, kata Ilham, PLN akan terus melakukan evaluasi. Namun operasi selama 14 jam ditargetkan maksimal hingga tiga tahun mendatang.

“Memang harapan kita semua, operasinya bisa 24 jam. Tapi PLN akan upayakan dan terus evaluasi,” ujar Ilham.

Dikatakan Ilham, serah terima operasi pembangkit listrik di tiga Kecamatan merupakan tindak lanjut kerjasama antara pemerintah daerah dan PLN yang ditandangi pada tahun 2014 lalu di Pekanbaru.

“Normalnya listrik di kecamatan bisa membantu ekonomi masyarakat yang selama ini terkendala listrik,” ujarnya.(arn/bpos)

Komentar Pembaca

komentar